Undang-Undang Psikotropika Terbaru

Undang-undang psikotropika berbeda dengan undang-undang narkotika, namun uu narkotika yang terbaru sekarang mempengaruhi uu psikotropika yang telah ada. Artinya walau berbeda hal yang diatur - dalam hal ini psikotropika dan narkotika - ternyata dengan adanya undang-undang narkotika nomor 35 tahun 2009, menjadikan pembaharuan pula terhadap uu tentang psikotropika.


Undang-undang narkotika terbaru sebagaimana tertulis diatas adalah No. 35/2009. UU ini menggantikan peraturan narkotika sebelumnya, yakni UU No. 22 Tahun 1997. Sedangkan undang-undang psikotropika hingga sekarang belum ada yang baru, sehingga peraturannya masih mengacu pada undang undang nomor 5 tahun 1997. Jadi kalau ada yang nanya UU psikotropika yang paling baru, jawabannya ya yang No. 5/1997 ini.


Download Undang-Undang Psikotropika Terbaru:

Klik link berikut untuk mengunduh undang-undangnya ya.
1. Undang Undang Psikotropika No. 5 Tahun 1997
2. Undang Undang Narkotika No. 35 Tahun 2009

Kalau berbicara mengenai peraturan mengenai psikotropik, tentunya kita juga harus ingat tentang sejarah hingga terbentuknya aturan hukum ini. Masih ingat konvensi tentang psikotropika yang telah di ratifikasi oleh Pemerintah Indonesia dan menjadi cikal bakalnya peraturan yang sekarang ada? Namanya Konvensi Psikotropika di Wina pada tahun 1971 (Convention On Psychotropic Substances 1971), yang telah disahkan dengan UU No. 8 Tahun 1996.

Disamping konvensi tersebut, ada satu lagi yang tak kalah pentingnya dalam hal aturan mengenai psikotropika di Indonesia. Konvensi tersebut bernama Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Tentang Pemberantasan Peredaran Gelap Narkotika Dan Psikotropika, 1988 (United Nations Convention Against Illicit Traffic In Narcotic Drugs And Psychotropic Substances, 1988). Sebagai bentuk kepedulian terhadap pemberatasan peredaran gelap psikotropika, Pemerintah Indonesia telah mengesahkannya dalam UU No. 7/1997.

Oh iya, mengenai pembaharuan yang terjadi akibat adanya uu narkotik baru bisa dilihat artikel sebelumnya di blog saya ini yang berjudul “Jenis-Jenis Psikotropika”. OK, moga artikel Undang-Undang Psikotropika ini dapat menambah wawasan kita ya. Terimakasih.

Undang-Undang Psikotropika Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

2 komentar

mas web nya pafi http://pafi-blog.info .... This Account Has Been Suspended apa ganti ? tolong infonya / di share gantinya ...... sdh tweet juga ..tks

Ada masalah dengan registar domain-nya bu. Jadi saya kehilangan nama domain tersebut. Sekarang masih membangun ulang di http://ilmufarmasi.info
BTW Blog Pafi pusat itu : http://pafipusat.or.id tapi sepertinya juga ada masalah dengan database websitenya.

 

Top